Senin, 12 April 2010

Membuat Game sederhana dengan RPG maker


Pada Postingan sebelumnya, kita telah membahas game dan juga teknologi dari suatu game. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat game yang sederhana. Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan software apa yang akan kita pakai. Disini saya akan memakan software RPG Maker 2003. Sebelum memulai membuat game, ada beberapa hal yang harus di perhatikan terlebih dahulu.
1.     Pertama kita harus menentukan tipe game yang akan kita buat. Misal game sport, game education atau game adventure.
2.     Selanjutnya kita harus membuat desainnya. Desain ini sangat penting sekali sebagai langkah awal membuat game. Mulai dari desain carakter utamanya, musuhnya serta tempat2 yang akan dilewati harus kita desain semua.
3.     Kemudian kita harus punya tujuan dari game ini. Apakah ada jalan ceritanya atau tidah. Ada level-levelnya atau tidak. Kita harus memikirkan matang-matang.
4.     Aksesorid dari game tersebut. Kita busa menambahkan misalnya suara atau video untuk menambah hidup game ini.


Nah, sekarang kita coba membuat contoh game sederhana menggunakan RPG Maker 2003. Seperti uraian di atas, hal pertama kita tentukan tipe game nya. Disini saya ingin membuat game yang bergendre adventure. Kita buat atau kita desaind karakternya terlebih dahulu.
Disini kita menggunakan Database RPG.  Database di RPG MAKER 2003 ialah pusat pengaturan apa saja yang ada         dan berjalan dalam game kita nantinya. Di sini kita bias mengatur wajah karakter kita, level maksimalnya, equipment apa saja yang akan ditambahkan,dan banyak lagi.
Di sini kita akan mengatur jumlah party kita. Masuk dari tombol open the database di atas-tengah. Lalu masuklah ke tab Hero. Nah, di box sebelah kiri ada daftar para prajurit  yang tergabung dalam karakter kita. Kita pakai salah satu saja, kerena itu buang yang tidak perlu. Kita pakai tombol array size di bawahnya, lalu atur ke satu pada combo box array size. Pilih ok. Kemudian klik tombol apply.


Setelah database selesai, kita akan mengubah settingan karakter yang kita buat tadi. Beberapa hal umum kita ganti disini, seperti nama karakter, lalu atur lever min-maxnya, kita juga bias mengganti wahjak karakter sesuka hati kita dah terakhir ganti animasi spritenya. Lalu klik set.


Setelah karakter utamanya selesai, kita buat karakter-karakter musuhnya. Caranya, pada layer event, klik kanan pada tempat yang telah di tentukan. Klik new event. Maka jendela event editor, dimana kita bias mengisi dan mengatur event2 dalam game kita. Lalu klik insert.

Nah itulah kira2 garis besar pembuatan game dengan RPG maker. Sekian terimakasih

Sumber : http://www.scribd.com/doc/12386720/Tutorial-Membuat-Game-Sederhana-Dengan-RPG-MAKER-2003REPLACE-Candidate-1

1 komentar:

novii mengatakan...

nice info

Powered By Blogger