Rabu, 18 November 2009

Mambuat gambar 3D dengan 3Dmax

Pada posting kali ini saya akan mencoba membuat sebuah gambar 3d dengan menggunakan 3dmax. Gambar yang akan saya buat adalah sebuah lapangan berrumput plus dengan bola 3D nya. Referensinya dari ilmugrafis.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat lapangannya terlebih dahulu
Cara membuatnya adalah :

1. Pada Command Panel, klik tab Create>Geometry>Plane


2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol Create


3. Buka tab Modify

4. Di rollout Parameters, Anda isi nilai parameter seperti petunjuk dibawah.

5. Klik kotak warna seperti pada gambar dibawah. Pilih warna coklat dan tekan tombol OK

6. Klik kotak bertuliskan Modifier List (seperti pada petunjuk dibawah). Lalu Klik pilihan Hair and Fur (WSM).

7. Buka rollout Material Parameters dan ubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua

Setelah jadi, kita sekarang akan membuat bolanya dengan cara…..
1. Buka Tab Create > Geometry . Klik kotak Combo bertuliskan Standard Primitives dan ubah menjadi Extended Primitives. Klik pemilihan Hedra dan buat di Viewport Top dengan ukuran sembarang.

2. Anda klik objek Hedra01. Buka Tab Modify , ubah nama Hedra01 menjadi “Bola” di bagian paling atas. Pada rollout Parameters kategori Family klik Dodec/Icos. Selanjutnya di kategori Family Parameters atur P = 0.35 dan Q = 0.1.
Setingan Kategori Family dan Family Parameters.
3. Di kategori Vertices klik pemilihan Center & Sides. Opsi Center & Sides sangat ideal untuk pembentukan objek bola.
4.Kemudian klik kotak Combo bertuliskan Modifier List dan klik pemilihan Modifier Spherify (ini adalah Modifier yang berfungsi untuk mengubah bentuk suatu objek menjadi menyerupai bentuk bola/bulat). Tambahkan kembali Modifier Smooth (ini adalah Modifier yang berfungsi untuk menghaluskan bentuk suatu objek). Anda klik kotak Auto Smooth.

Lalu Selanjutnya, Anda akan memberikan material berupa gambar untuk objek bola tersebut. Dengan cara tekan M di keyboard untuk menampilkan Material Editor.

1. Klik salah satu slot kosong , klik kotak bertuliskan Standard lalu ubah menjadi pilihan Multi/Sub-Object. Multi/Sub-Object adalah suatu fitur yang terdapat pada Material Editor yang berfungsi untuk memberikan berbagai macam material dalam satu slot saja, dengan menggunakan ID (identitas) yang berbeda untuk tiap-tiap subbagian objek 3D tersebut. Bila muncul jendela Replace Material, biarkan dalam keadaan default dan tekan tombol OK. Klik kotak Set Number dan ubah Number of Material = 3. Ubah Sub Material 1 dan 2 menjadi warna putih (Red = 255, Green = 255, Blue = 255). dengan cara Anda klik kotak warna yang ada di sebelah kanan, lalu ubah warnanya. Dan Anda ubah juga Sub Material 3 menjadi warna hitam (Red = 0, Green = 0, Blue = 0).



2. Klik objek “Bola” lalu tekan tombol Assign Material to Selection untuk memasukkan material yang telah Anda buat ke dalam objek “Bola”.

Maka Hasilnya sebagai berikut

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger